Bendera Piala Dunia Diarak di Bali


Denpasar (ANTARA) – Puluhan pengendara sepeda motor mengarak sejumlah bendera milik 32 negara yang ambil bagian dalam kejuaraan sepakbola Piala Dunia yang kini tengah berlangsung di Afrika Selatan.

Bendera dengan berbagai ukuran dan warna itu tampak diarak dalam suatu konvoi melintasi Jalan Gator Subroto, A Yani, Cokroaminito Denpasar dan terus menuju ke arah Mungwi, Kabupaten Badung, demikian ANTARA melaporkan dari Denpasar, Sabtu.

Untuk menghindari terjadinya kemacetan arus lalu lintas, polisi tampak sibuk mengantur kendaraan di setiap persimpangan jalan yang dilalui peserta konvoi.

Namun demikian, arus kendaraan bermotor dari arah yang berlawanan atau jalan penghubung lain, terlibat cukup tersendat akibat pelaksanaan konvoi yang tampaknya digelar di luar koordinasi aparat lalu lintas di jalan raya tersebut.

Petugas Polantas yang siaga di persimpangan Jalan Gatot Subroto-A Yani, mengaku tidak mengetahui sebelumnya kalau siang itu akan dilakukan konvoi sepeda motor berbendera Piala Dunia dalam jumlah yang cukup banyak.

“Kami tidak tidak mendapat pemberitahuan terlebih dahulu. Tapi ya untuk mencegah terjadinya kemacetan, kami cepat atur lalu lintas dari arah yang berlawanan,” ucapnya.

Tidak hanya konvoi, namun puluhan bendera dari 32 negara peserta “pesta” itu juga tampak dipasang berderet di kiri kanan jalan pada sejumlah daerah di Pulau Dewata.

Bendera dengan aneka ukuran dan warna-warni itu tampak terpancang di hampir seluruh ruas jalan di daerah Sanur dan beberapa tempat lain di Denpasar dan Kabupaten Badung.

Bendera yang dipasang secara swadaya itu, diketahui ada yang memiliki ukuran raksasa yakni 20 kali 15 meter.

Ditambah dengan aneka warna sesuai dengan corak bendera negara peserta Piala Dunia, telah menjadikan beberapa tempat di Denpasar dan beberapa daerah lain “bermandi” warna.

Wilayah yang semarak warna tersebut juga terlihat hingga ke sejumlah pelosok desa di Bali, antara lain di wilayah Banjar Tunjuk Selatan, Kabupaten Tabanan.

Berbeda dengan di Denpasar, di desa itu berdera yang dikategorikan kelas utama dipasang dalam ukuran yang seragam.

Sebanyak 64 bendera milik 32 negara yang ambil bagian dalam kejuaraan tersebut, dipasang berderet di kiri kanan jalan di wilayah Banjar Tunjuk Selatan.

Bendera dalam ukuran yang cukup besar dan berwarna-warni itu, telah membuat wajah desa menjadi begitu semarak dan meriah.

Menurut warga setempat, sebanyak 32 negara yang tercatat ambil bagian dalam Piala Dunia, masing-masing dibuatkan dua bendera, sehingga di kiri kanan jalan desa kini terpajang 64 bendera.

I Wayan Suartawan, penggagas pemasangan bendera peserta Piala Dunia di wilayah Banjar Tunjuk Selatan, membenarkan bahwa pihaknya telah memajang bendera sebanyak itu.

“Itu hanya bendera utama saja, belum lagi yang kecil-kecil yang jumlahnya jauh lebih banyak,” ucapnya.

Selain dipasang di pinggir jalan, bendera dengan berbagai ukuran dan warna itu juga terlihat berkibar di beberapa rumah dan areal pekarang milik warga di Tabanan.

Suartawan menyebutkan bahwa pemasangan bendera oleh warga di daerahnya itu dilakukan sebagai wujud kecintaan mereka terhadap dunia olahraga sepakbola.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: