Dokter Gunakan “Penghapus Magis” Guna Angkat Tumor Otak Mematikan


Los Angeles (ANTARA/Xinhua-OANA) – Seorang dokter Amerika Serikat berhasil menghilangkan tumor otak yang mematikan dari batang otak seorang anak kecil dengan menggunakan “penghapus magis”, demikian laporan Selasa.

Dokter Amin Kassam menggunakan alat itu, yang disebut Nico Myriad, untuk mengangkat tumor tersebut dari sistem otak anak laki-laki Belgia, kata Saint John`s Health Center di Santa Monica, dekat Los Angeles.

Anak laki-laki itu, yang hanya diidentifikasi sebagai Tristan, menghadapi kepastian kematian akibat “chordoma” –tumor otak langka dan ganas, demikian keterangan rumah sakit tersebut.

Tumor itu telah membungkus batang otak bocah laki-laki yang berusia 4 tahun tersebut, sehingga tak mungkin untuk menggunakan teknik operasi normal guna menyelamatkan nyawa anak itu, kata rumah sakit tersebut.

Amin pergi ke Belgia dengan membawa alat baru itu, yang digambarkan sebagai alat otomatis yang dapat memotong tumor sampai menjadi lembaran mikroskopis tanpa menghasilkan panas.

Alat Nico Myriad tersebut diperkenalkan di Amerika Serikat sekitar satu tahun lalu, dan Amin adalah salah seorang dari sedikit ahli bedah syaraf yang dilatih untuk menggunakan alat itu.

Alat tersebut telah memungkinkan pembuatan lubang yang dapat dibengkokkan yang memungkinkan ahli bedah memiliki akses ke tempat tumor yang sulit dijangkau, dan pengangkatan tumor anak laki-laki tersebut dilakukan melalui lubang hidung anak itu.

Satu tim ahli bedah memerlukan waktu 13 jam untuk melakukan operasi tersebut.

“Alat penghapus magis” menyediakan pencukuran jaringan secara tepat di atau dekat bagian tubuh yang kritis, seperti pembuluh darah dan syaraf, dan juga membungkam jaringan tumor jadi satu ruang pengumpulan bagi evaluasi laboratorium, kata rumah sakit tersebut.

Meskipun “chordoma” berkembang lamban, penyakit itu dapat mengakibatkan nyeri, kelumpuhan, gangguan pandangan, gangguan menelan dan kematian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: