Siapa Calon Top Skorer Piala Dunia?


Piala Dunia 2010 tinggal tersisa empat hari lagi menjelang pembukaan, Jumat (11/6) besok. Sebanyak 736 pemain dari 32 negara akan bersaing untuk mengangkat trofi di Soccer City Stadium, Johannesburg, 11 Juli mendatang. Tapi sebagian lagi juga mengincar gelar pribadi; sebagai top skorer.

Legenda Inggris Bobby Moore suatu kali pernah berkata, “If you never concede a goal, you’re going to win more games than you lose.” Hmmm… oke, mungkin pendapat Robert Frederick Chelsea “Bobby” Moore (12 April 1941 – 24 Februari 1993) yang menjadi kapten Inggris saat menjadi juara di Piala Dunia 1966 itu ada benarnya. Meski akan lebih tepat lagi jika sebuah tim berusaha mencetak sebanyak mungkin gol untuk memenangkan pertandingan.

Soal mencetak gol kadang menjadi sebuah misteri. Seorang penyerang, yang tugasnya mencetak gol, kadang membuat kita terheran-heran dengan kemampuannya menembak gol ke jala lawan dari posisi dan cara apapun. Gol yang–sering kali–menjadi penentu menang dan kalahnya sebuah tim.

Di Piala Dunia, ada sebuah award yang diberi nama The Golden Boot yang diberikan kepada pencetak gol terbanyak pada ajang empat tahunan ini. Reminya mulai dilakukan sejak Piala Dunia 1982. Sejak saat itu sudah ada delapan nama yang masuk dalam daftar ini; Paolo Rossi (Italia) pada 1982, Gary Lineker (Inggris) pada 1986, Salvatore Schillaci (Italia) pada 1990, duet Hristo Stoichkov (Bulgaria) dan Oleg Salenko (Rusia) pada 1994, dan Davor Šuker (Kroasia) pada 1998. Keenam pemain ini mengemas 6 gol.

Di Piala Dunia 2002, Ronaldo (Brasil) tampil lebih produktif dengan mencetak 8 gol. Sedangkan empat tahun lalu striker Miroslav Klose (Jerman) hanya sanggup menyerangkan 5 gol.

Nah, pertanyaannya siapa yang akan menjadi pencetak gol terbanyak tahun ini?

Berikut pemain yang difavoritkan bakal menjadi penggedor gawang. Pilihan ini berdasarkan penampilan bersama klub musim lalu, penampilan dalam uji coba, serta fakta delapan top skorer di tujuh Piala Dunia terakhir berasal dari tim-tim yang setidaknya lolos sampai babak perempat final.

Satu-satunya pengecualian hanyalah striker Rusia Oleg Salenko. Meski mencetak 6 gol di Piala Dunia 1994, Rusia sendiri gagal lolos dari fase grup. Ia memborong keenam gol Rusia di fase ini berkat lima golnya saat mencukur Kamerun 6-1 di Stanford Stadium pada 28 Juni 1994.

Urutannya berdasarkan abjad:

DAVID VILLA (Spanyol)
David Villa Sanchez, 28 tahun, adalah mesin gol Valencia selama lima musim (2005-2010). Total ia memberikan 53 gol di 129 penampilan di semua kompetisi. Musim depan ia akan menjadi warga baru Barcelona. Di level internasional top skorer Euro 2008 itu sudah mengemas 37 gol di 57 penampilan. Dengan dijagokannya Spanyol melaju sampai ke partai puncak, bukan tak mungkin Villa bakal menambah pundi-pundi golnya.

FERNANDO TORRES (Spanyol)
Punya alasan yang sama dengan Villa, Fernando José Torres Sanz, 26 tahun, juga punya peluang. Hanya saja masalah cedera bisa membuat kesempatan pemain Liverpool ini berkurang. Ia baru mulai berlatih Minggu (6/6) kemarin. Namun dengan rekor 72 gol di 116 partai bersama The Reds di semua kompetisi dan 23 gol di 72 penampilan bersama Spanyol, Torres menunjukkan dirinya ‘getol’ menjebol gawang lawan.

Update:
Duet David Villa dan Fernando Torres masing-masing menambah satu gol lagi ketika Spanyol menggasak Polandia 6-0 di Murcia, Rabu (9/6) dini hari tadi. Villa membuka gol pertama La Furia Roja (di dimenit ke-12) sedangkan Torres mengemas gol ke lima (76). Empat gol lainnya disumbangkan David Silva (14), Xabi Alonso (51), Cesc Fabregas (58), dan Pedro (81).

LIONEL MESSI (Argentina)
Pemegang Ballon d’Or, pemain terbaik dunia, top skorer La Liga Spanyol. Itu hanya segelintir dari prestasi penyerang Barcelona ini musim lalu. Baru berusia 22 tahun, Lionel Andres Messi adalah kunci Tim Tango. Memang banyak yang meragukan kontribusinya di tim nasional mengingat hanya 13 gol yang ia buat di 44 penampilan. Tapi ia berjanji tahun ini, khususnya Piala Dunia kali ini, Argentina bakal menjadi juara dan–tentunya–ia menjadi top skorer.

LUIS FABIANO (Brasil)
Memperkuat negara yang dijagokan lolos ke final, membuka peluang Luís Fabiano Clemente, 29 tahun, menjadi top skorer. Dengan koleksi 25 gol di 38 penampilan internasional rasanya pemain Sevilla ini punya modal. Tinggal bagaimana top skorer Brasil (2002), Copa Libertadores (2004), Copa del Rey (2009), dan Piala Konfederasi (2009) ini harus lihai di fase grup mengingat lawan Tim Samba adalah Korea Utara, Pantai Gading, dan Portugal.

WAYNE ROONEY (Inggris)
Bomber berusia 24 tahun ini diprediksikan akan menjadi penggedor gawang menakutkan bagi lawan. Rooney akan jadi andalan untuk meloloskan Inggris–setidaknya–sampai ke babak semifinal. Dengan koleksi 25 gol di 60 kali penampilan internasional, Rooney adalah langganan pencetak gol di skuad The Three Lions. Gol pertamanya tercipta ke gawang Macedonia pada 6 September 2003, tujuh bulan setelah debut pertamanya.

Kandidat Lain?
Cederanya top skorer Premier League musim lalu, Didier Drogba (Pantai Gading), akan membuka pintu bagi pemain-pemain lain. Samuel Eto’o (Kamerun), Robin van Persie (Belanda), Alberto Gilardino (Italia), Cristiano Ronaldo (Portugal), Robinho, Nilmar bahkan mungkin Kaka (Brasil), top skorer empat tahun lalu Miroslav Klose (Jerman), serta Diego Milito dan Gonzalo Higuain (Argentina).

Khusus dua nama terakhir saya agak kesulitan. Milito memang tampil hebat bersama Inter Milan musim lalu. Ia selalu menjadi pencetak gol penentu kemenangan Inter saat meraih gelar Seri A, Coppa Italia, ataupun Liga Champions. Pertanyaannya apakah Diego Maradona mau memberikan kepercayaan lebih pada pemain 30 tahun ini tampil di skuad utama Tim Tango.

Maradona lebih sering memainkan Higuain di pertandingan-pertandingan penting. Misalnya ketika kalah 1-2 dalam uji coba melawan Spanyol (14 November) atau saat mencetak gol tunggal ke gawang Jerman (3 Maret). Jadi peluang pemain Real Madrid berusia 22 tahun ini cukup terbuka lebar menambah koleksi golnya yang baru 3 buah di 5 pertandingan.

Nah…. siapa striker pilihan Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: