Ratu Yordania Kritik Israel


LONDON – Ratu Rania dari Yordania mengeluarkan kritikan keras terhadap Israel, menyusul serangan terhadap kapal berisi bantuan kemanusiaan pekan lalu. Ratu Rania peringatkan Israel kebijakan mereka yang dinilai keras kepala atas Palestina, dapat memicu kalangan moderat Timur Tengah.
Pada tulisannya kepada suratkabar Inggris The Independent, Ratu yang terkenal dengan paras cantiknya tersebut mengatakan, blokade Israel di wilayah Gaza mengubah daerah tersebut layaknya sebagai sebuah penjara luas.

“Serangan Israel atas konvoi bantuan kemanusiaan yang mencoba menerobos blokade Israel, dilakukan tanpa rasa hormat dan tentunya pengabaian atas tatanan dan hukum internasional. Serangan itu juga melanggar HAM dan norma-norma diplomasi,” ungkap Ratu Rania pada The Independent, seperti dikutip AFP, Senin (7/6/2010).

Istri dari Raja Abdullah II tersebut menambahkan, jika dirinya tidak terkejut akan aksi keji Israel, meskipun dirinya sempat terperangah dengan serangan itu. Ratu Rania menilai aksi Israel ini sebagai hasil doktrin defensif yang selama ini Israel terapkan.

Lebih lanjut Ratu yang dikenal dengan pekerjaan sosialnya ini menilai Israel menganggap dirinya sebagai sosok yang berkuasa dan memiliki kekebalan atas hukum. “Para pemimpin Israel merasa diri mereka memiliki hak untuk melakukan apapun yang mereka suka tanpa mengindahkan kecaman dunia internasional,” imbuh Ratu Rania.

Ratu Rania juga peringatkan negara Yahudi tersebut bahwa tindakannya, dapat memicu kemarahan dunia Islam yang moderat. “Saya khawatir jika Israel terus bertindak seperti saat ini, sikap moderat dari wilayah Timur Tengah yang seringkali diserang Israel akan hilang,” lanjutnya.

Yordania yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada 1994, bergabung dengan dunia internasional untuk mengecam dan mendesak dilakukannya penyelidikan atas penyerangan kapal berisi bantuan kemanusiaan ke Gaza yang dilakukan oleh Israel, pekan lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: