Hari Ini, Pembelian PIN SNMPTN UN Ulangan


BANDUNG – Para siswa tingkat SMA/SMK/MA yang dinyatakan lulus lewat ujian nasional (UN) ulangan dapat segera membeli PIN pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) mulai hari ini, Senin (7/5/2010).
Pembelian PIN di loket ATM atau internet banking Bank Mandiri dibuka hingga 11 Juni pukul 15.00 WIB. Sementara, pendaftaran online dibuka 10-12 Juni 2010 pukul 16.00 WIB. ”Kami harap para peserta langsung membeli PIN dan mendaftar, karena waktunya
juga tidak terlalu panjang,” kata Humas Panitia Lokal Bandung SNMPTN Weny Widyowati, Minggu, 6 Juni, kemarin.

Pengumuman kelulusan UN ulangan digelar hari ini serentak seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Pembukaan pembelian PIN dan pendaftaran online tahap dua dibuka untuk siswa yang lulus melalui UN ulangan. ”Namun, panitia juga memberikan kesempatan untuk calon peserta yang belum sempat membeli PIN dan mendaftar agar segera melakukan prosedur untuk mengikuti tes SNMPTN,” lanjut Weny.

Panitia berharap, para peserta yang melakukan pendaftaran tidak menumpuk di jam-jam terakhir penutupan. Selain itu, belajar dari pengalaman pendaftar di tahap pertama, para pendaftar dihimbau mengunggah foto sesuai dengan ketentuan, yaitu foto resmi.

Seperti diketahui, sekira seribu pendaftar SNMPTN tahap pertama mengunggah foto tidak berdasarkan ketentuan. Mereka memasang foto untuk pendaftaran SNMPTN sama dengan foto yang di-upload di situs jejaring sosial Facebook dan Twitter. ”Hal itu akan merugikan peserta sendiri, bisa jadi jika menyulitkan saat verifikasi nanti, panitia malah akan menggugurkan keikutsertaan peserta. Ini jangan sampai terjadi,” tutur Weny.

Pasfoto yang diminta sebagai persyaratan SNMPTN adalah yang biasa digunakan untuk dokumen resmi, 80% tampak wajah dengan pose formal. Ukuran pas foto 4×5, maksimal 100 kb dengan format JPG atau PNG. ”Saya tekankan posenya resmi,” tegas Weny.

Selain itu, Weny juga mengingatkan pada peserta tunanetra segera mendaftarkan pendamping ke helpdesk panitia lokal SNMPTN di Gedung Routunda (Gedung Kaca Bulat) ITB, Jalan Ganeca Nomor 10, Kota Bandung, atau di Gedung Perpustakaan Fakultas Hukum, Universitas Padjajaran (Unpad), Jalan Dipati Ukur Nomor 35.

”Kami masih memberi kesempatan untuk para tunanetra agar mendaftarkan para pendampingnya.Saat ini baru satu peserta tunanetra yang sudah mendaftarkan pendamping,” tutur Weny. Sedianya, batas pendaftaran pendamping bagi peserta tunanetra berakhir Jumat (4/6/2010) lalu. Namun dengan pertimbangan tertentu, panitia memperpanjang pendaftaran hingga 12 Juni.

”Peserta tunanetra yang belum membeli PIN dan mendaftar online juga masih bisa membeli PIN dan mendaftarkan diri,” ujar Weny.

Panitia sudah menyiapkan tempat khusus untuk tes SNMPTN peserta tunanetra, yakni di Laboratorium Teknologi ITB. Lokasi tes berdekatan dengan sekretariat panitia lokal SNMPTN. ”Setiap tahun juga di sana. Ini dilakukan agar peserta tunanetra bisa kami bimbing dan dikontrol setiap saat. Siapa tahu mereka butuh bantuan kami,” paparnya.

Biaya pembelian PIN Peserta kelompok ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS) sebesar Rp150 ribu per peserta. Sementara untuk peserta yang memilih ilmu pengetahuan campuran (IPC) (IPA+IPS) Rp175 ribu. Ujian tulis akan digelar pada 16-17 Juni 2010 dan ujian keterampilan pada 18-19 Juni 2010.

Para peserta SNMPTN 2010 diingatkan untuk menjaga kondisi fisik. Sebab, panitia tidak memberikan toleransi bagi peserta dengan kondisi sakit dan harus dirawat di rumah sakit. ”Kami tetap meminta mereka agar hadir di lokasi tes yang sudah
ditetapkan, tidak ada fasilitas SNMPTN di rumah sakit bagi peserta yang sakit,” pungkas Weny.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: