Kompas ePaper Pertama dalam Format iPad


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pelopor ePaper di Indonesia, suratkabar Kompas kembali memberikan yang terbaik dengan menghadirkan Kompas ePaper versi khusus iPad.  Meski belum beredar resmi di Indonesia, perangkat tablet femonenal keluaran Apple ini terlihat sangat diminati. Fitur dan teknologi yang diusung menjadi daya tarik utama iPad. Itu sebabnya, Kompas mendesain ulang dan memformat khusus Kompas ePaper agar dapat memanfaatkan keunggulan teknologi iPad.
Berbeda dengan ePaper berbasis web untuk PC dan laptop, Kompas ePaper versi iPad mengoptimalkan penggunaan layar sentuh iPad untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman baru saat membaca Kompas.

“Kompas ePaper untuk iPad sudah dioptimalkan dengan fitur-fitur yang disediakan Apple iPad. Jadi tidak hanya ePaper versi PC yang dibaca dengan iPad,” ujar Edi Taslim, Wakil Direktur Bisnis Kompas, Rabu (2/6/2010). Menurut Edi, Kompas menjadi media suratkabar nasional yang pertama kali menyediakan versi digital yang optimal untuk iPad.

Dengan optimasi tersebut, menu navigasi ePaper dibuat berbeda dan diletakkan di sebelah kiri dan kanan bawah agar pembaca dapat membalik halaman ePaper dengan mudah dan cepat. Pembaca juga dapat berpindah dari model tampilan satu halaman ke model tampilan dua halaman secara otomatis hanya dengan memutar iPad dari mode vertikal (portrait) ke horizontal (landscape). Untuk memperbesar dan memperkecil halaman ePaper (zoom-in dan zoom-out), cukup dengan melakukan sentuhan (tap) dua kali pada area halaman.

Sama seperti ePaper versi PC, seluruh daftar isi Kompas bisa dilihat dengan menyentuh icon Contents. Tersedia juga ikon Issues, dimana Anda bisa mengakses arsip Kompas edisi lalu dengan cara scrolling ala iPad. Selain Harian Kompas edisi Nasional, pembaca juga bisa membaca Lembaran Daerah melalui ikon Featured. Tidak ketinggalan, ikon Search untuk membantu Anda melakukan pencarian kata tertentu.

“Praktis, semua tampilan menu, halaman, dan pergerakan Kompas ePaper dibuat ulang dan mengikuti gaya serta interface Multi-Touch iPad yang bisa dikendalikan dengan jari. Meskipun begitu Kompas ePaper tetap ringan, mudah dan cepat untuk diakses,” jelas Edi. Untuk memudahkan pengguna, URL untuk mengakses Kompas ePaper versi iPad tetap sama di http://epaper.kompas.com. “Sistem kami akan mendeteksi perangkat yang digunakan untuk mengakses Kompas ePaper. Bila diakses lewat iPad, sistem akan memberikan versi iPad secara otomatis,” tambah Edi.

Kompas ePaper merupakan replika digital suratkabar Harian Kompas yang mulai diperkenalkan sejak 1 Juni 2008. Hingga tulisan ini dibuat, Kompas ePaper memiliki anggota terdaftar sebanyak 197.650 dan terus bertambah. Untuk membaca Kompas ePaper, Anda cukup mengunjungi alamat http://epaper.kompas.com dari browser PC atau laptop.

Kompas ePaper dibuat untuk memenuhi kebutuhan pembaca yang ingin mendapatkan akses ke suratkabar Kompas dengan mudah. Setiap pagi, waktu Indonesia bagian barat, pembaca sudah dapat membaca Kompas ePaper di manapun lokasinya.

Kompas ePaper untuk iPad sudah dioptimalkan dengan fitur-fitur yang disediakan Apple iPad. Jadi tidak hanya ePaper versi PC yang dibaca dengan iPad.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: