Indonesia Ingin Kembali Juara Umum Sea Games


Banda Aceh (ANTARA) – Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo menegaskan, sebagai tuan rumah, Indonesia ingin merebut kembali menjadi juara umum SEA Games 2011.

“SEA Games 2011 ini akan menjadi kebangkitan Indonesia untuk kembali menjadi juara umum pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu,” katanya pada pelantikan pengurus KONI Aceh periode 2010-2014 di Banda Aceh, Kamis.

SEA Games yang akan digelar di empat kota di Indonesia itu akan mempertandingkan 41 cabang olahraga.

“Sebelumnya hanya 35 cabang yang akan dipertandingkan, tapi kemudian ditambah enam cabang sebagai hak tuan rumah, yakni paragliding, panjat tebing, roller skate, bridge, futsal, dan soft tennis,” katanya.

Dengan tambahan enam cabang tersebut bisa membantu perolehan medali emas untuk Indonesia, katanya.

Pada SEA Games 2009 di Laos, Indonesia pada posisi tiga setelah Thailand dan Vietnam.

Rita menyatakan, keyakinannya bahwa pada 2011, Indonesia bakal menguasai supremasi pertarungan olahraga antar negara Asia Tenggara tersebut dan kembali merebut juara umum.

Pada kesempatan itu juga, Rita mengatakan, pada pembinaan atlet ke depan, KONI dibantu pemerintah dengan berbagai programnya, antara lain Program Indonesia Emas (PRIMA) yang terbagi dua kategori.

Kategori pertama dengan sistem utama dan muda yang di dalamnya diikuti atlet elit atau berprestasi, kemudian kategori pratama yang diisi atlet dibawah umur 18 tahun.

Dikatakan, melalui PRIMA tersebut dituntut peran KONI daerah, termasuk Aceh untuk membangkitkan kembali atlet-atlet daerah yang berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan pusat-pusat pelatihan pelajara dan mahasiswa.

Selain itu, pemerintah kini membentuk sentra-sentra pembinaan yang dikoordinir tujuh provinsi, yakni Sumatera Selatan, Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

Rita menyatakan, melalui program-program jangka pendek dan panjang itu diharapkan pembinaan atlet akan semakin baik, sehingga prestasi olahraga Indonesia di tingkat internasional semakin disegani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: