Pengguna Facebook Dihantui Aksi ‘Likejackig’n


WASHINGTON – Perusahaan keamanan jaringan internet Sophos kembali memperingatkan para pengguna Facebook untuk berhati-hati terhadap sebuah kiriman pesan. Kali ini Sophos menamakannya ancaman ‘likejacking’.
“Ratusan ribu pengguna Facebook telah menjadi korban aksi yang dinamakan likejacking ini,” ujar pihak Sophos dalam keterangan di situs resmi mereka, seperti dikutip melalui Yahoo News, Rabu (2/6/2010).

Dikatakannya, penguna Facebook tersebut sebelumnya menerima sebuah pesan yang cukup menarik sehingga mampu membuat mereka meng-klik link yang diberikan. Salah satu pesan tersebut bertuliskan ‘This man takes a picture of himself everyday for 8 years!!’.

Menurut Sophos, saat link tersebut diklik maka pengguna Facebook hanya akan melihat halaman kosong dengan tulisan ‘click here to continue’. Saat notifikasi itu di-klik, sebuah pesan akan muncul di wall Facebook korban dengan menghadirkan notasi ‘Like’ dan sebuah pesan rekomendasi yang akan dikirimkan ke seluruh teman di jaringan Facebook korban. Hal inilah yang kemudian menginspirasi Sophos untuk menamakan scam tersebut sebagai ‘likejacking’.

“Pesan ini sudah pasti akan ditampilkan di wall teman anda, atas nama anda tentunya. Ketika teman Facebook anda percaya bahwa pesan tersebut berasal dari anda maka mereka akan meng-klik pesan tersebut dan melakukan hal yang sama dengan anda. Saat itulah pesan tersebut tersebar,” ujar pihak Sophos.

Sebelumnya, Sophos juga pernah menemukan beberapa pesan scam yang beredar di Facebook, seperti virus untuk menginstalasi adware secara otomatis, atau postingan palsu dengan iming-iming video seksi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: