Menkeu Bantah 8 Bank Berpotensi Sistemik


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Agus Martowardojo membantah ada delapan bank berpotensi sistemik (contaign risk) pada pasar uang antarbank.
“Saya kira yang berpotensi sistemik itu kalaupun ada yah banknya besar. Namun, saya tegaskan perbankan kita sehat. Dari hasil pertemuan kami dengan Bank Indonesia, kami senang karena disampaikan bahwa perbankan kita sehat,” kata Agus ketika ditanya pers di Jakarta, Selasa (1/6/2010).

Menurut Agus, likuiditas industri perbankan domestik begitu longgar dengan permodalan yang kuat. Indikator ini, lanjut dia, membuktikan perbankan domestik begitu sehat sehingga tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan. “Di sektor fiskal kita baik. Yang kita takuti hanya persepsi pasar. Investor yang banyak pegang surat utang dan SBI (Sertifikat Bank Indonesia) harus yakin ekonomi kita baik,” kata mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini.

Agus menegaskan, pihaknya akan terus membangun kepercayaan publik dan terus melakukan komunikasi yang intensif dengan instansi lain, termasuk dengan DPR, BPK, dan BI.

“Kami sudah dua kali bertemu dengan BI. Akan kita perbaiki sistem perekonomian kita dan misalnya kalau ada krisis, apa yang akan kita lakukan sudah harus ada antisipasi sejak dini,” kata Agus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: