Jawa dan Bali Bebas Byarpet


JAKARTA, KOMPAS.com — PT PLN (Persero) yakin tidak ada pemadaman bergilir untuk Jawa-Bali dan Indonesia barat mulai bulan Juni ini.
Menurut Direktur Utama PLN Dahlan Iskan, kondisi byarpet di wilayah Jawa-Bali dan Indonesia barat tidak akan terjadi lagi karena pasokan listrik sudah mencukupi. “Untuk seluruh Indonesia, hanya Palu dan Lombok yang masih defisit, yaitu masing-masing sebesar 40 megawatt dan 60 megawatt. Ambon saja yang biasanya defisitnya cukup besar sudah tidak lagi,” kata Dahlan kepada Kontan, Selasa (1/6/2010) malam.

Seperti diketahui, PT PLN mengalami defisit energi listrik di 14 titik yang menyebar di sejumlah provinsi di Indonesia. Pada akhir tahun 2007 tercatat defisit energi listrik di 31 lokasi yang menyebar di sejumlah daerah. Berbagai upaya peningkatan kapasitas daya mampu jaringan listrik PLN terus ditingkatkan. Hingga akhir tahun 2009 defisit energi listrik tersisa 14 titik. Upaya untuk mengurangi defisit energi itu di antaranya dengan menyewa mesin pembangkit.

Dahlan mengatakan, bebas pemadaman listrik sudah dimulai pada 1 Maret 2010 untuk Pulau Jawa dan mulai 30 Maret 2010 di Bali. Daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan, Papua Barat, Papua, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Timur bebas pemadaman bergilir mulai 30 Juni.

Pemadaman tidak akan terjadi lagi karena sejumlah pembangkit sudah dikerjakan dan masih berlanjut hingga 2014. Tahun lalu pembangkit yang selesai dikerjakan berkapasitas 300 megawatt dan tahun ini 3.200 megawatt. Beberapa pembangkit yang ditargetkan selesai tahun ini adalah Rembang, Indramayu, Suralaya 8, dan Paiton. Sementara sisa 6.500 megawatt diharapkan selesai dalam kurun 2011-2014.

Penyelesaian proyek pembangkit ini akan menjamin pasokan listrik. “Karena itu, sampai 2016 tidak ada masalah pasokan listrik di Jawa,” kata Dahlan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: