Hari Ini, Hasan Tiro Resmi Jadi WNI (Lagi)


BANDA ACEH – Petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Teungku Hasan Muhammad di Tiro (Hasan Tiro), hari ini secara resmi kembali menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).
Hal tersebut nampak saat Menko Polhukam Djoko Suyanto menyerahkan berkas-berkas keresmian menjadi WNI kepada Hasan Tiro yang saat ini tengah terbaring sakit di Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh.

“Surat itu sudah diajukan sejak awal 2010 dan hari ini baru diserahkan kepada keluarga Hasan Tiro bernama Teungku Fauzi Zainal Abidin,” ujar Djoko kepada wartawan usai menjenguk Hasan Tiro, Rabu (2/6/2010).

Hasan Tiro adalah putra Indonesia yang sempat berpindah menjadi warga negara Swedia karena persoalan politik. Kala itu, Hasan Tiro menjadi aktor utama yang ingin Aceh merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia. Beruntung, polemik tersebut berakhir setelah ada perjanjian damai di Helsinki Finlandia.

Hasan Tiro lahir di Pidie 25 September 1925. Putera kedua dari pasangan Tengku Pocut Fatimah dan Tengku Muhammad Hasan ini pernah mengenyam ilmu di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikan di Universitas Columbia dan semakin aktif menyuarakan kemerdekaan untuk Aceh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: