China Jadi Pusat Baterai Mobil Listrik



CHINA, KOMPAS.com – Bila Jerman mengejar predikat pasar mobil listrik terbesar di dunia, lain dengan China. Negeri tirai bambu itu membidik salah satu komponen utamanya, baterai listrik dengan membangun industrinya.
Menurut penelitian yang dilakukan Pike Research, dalam lima tahun ke depan China akan menjadi negara pemimpin produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia. Mereka bakal menguasai pangsa pasar 53 persen dari total pasar 8 miliar unit di dunia.

Fasilitas produksi baterai di China akan efektif beroperasi pada 2015. Saat itu, harga baterai lithium ion yang digunakan pada kendaraan listrik akan terpangkas 50 persen dari harga sekarang ini. Pihak Pike menyatakan, penjualan kendaraan listrik di Asia akan mencapai 1,1 juta unit di 2015 memimpin di atas pasar Eropa dan Amerika Serikat.

“Kebijakan yang dikeluarkan Presiden Obama bisa mendorong industri otomotif di AS sekaligus pengembangan industri baterai pada 2012. Tapi, situasi politik yang dinamis di AS bisa menggeser kondisi ini ke situasi yang sebaliknya,” ujar Analis Senior Pike Reasearch John Gartner, seperti dilansir autoevolution (1/6/2010).

Pada 2015, menurut Pike akan terjadi pembangunan infrastruktur seiring meningkatnya populasi kendaraan listrik. Salah satu yang krusial, penambahan 4,7 titik pengisian ulang (charge) untuk memenuhi kebutuhan 3,1 juta unit kendaraan listrik yang terdapat di pasar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: